Museum Timor Timur




Buka Senin - Minggu pukul 08.30 - 16.00 wib



Harga Tiket Masuk Rp. 5.000/orang



Info lebih lanjut hubungi:



Telp: 021-8409362



Faks: 021-8400709



e-mail: museumtimor.tmii@gmail.com



 



Semula merupakan Anjungan Daerah Timor-Timur diresmikan sebagai museum tanggal 20 April 1980 oleh Bapak H.M. Soeharto. memiliki luas 4.988 meter persegi menampilkan rumah penduduk Los Palos yang terdiri dari bagunan utama dan beberapa bangunan pendukung. Bangunan utama disebut Uma Lautem atau Dagada berupa rumah panggung dengan empat tiang berdiri 3 meter diatas permukaan tanah. Berbentuk segi empat dengan atap ramping menjulang. Atap berlapis ijuk berdinding kayu dilengkapi banyak jendela yang berfungsi sebagai penerangandi siang hari. Tiangnya menggunakan Eucalyptus yang diikat dengan tali rotan.



Di dalam Uma Lautem terdapat pameran peralatan makan, busana adat, senjata tradisional, alat musik tradisional, dan hasil kerajinan serta perlengkapan lainnya seperti anyaman dari daun Tal yang khas, keramik atau Manatutu, kain tenun khas Timor timur (Tais) yang indah serta aneka keong dari pulau Atauro.



Bangunan pendukung Uma Laku berupa bangunan panggung kembar beratap bulat tidak berdinding. Kedua bangunan ini mengapit bangunan induk yang berfungsi sebagai balai adat.