Anjungan Jawa Tengah » news

KABUPATEN SEMARANG MENJADI JUARA UMUM LOMBA MAKANAN KHAS 2014

ditulis pada 23 June 2014 | 11:03:25




JAKARTA - Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah mengadakan Lomba Makanan Khas, Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah 21-22 Juni 2014 di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini "Indonesia Indah" Jakarta.


Kegiatan ini sebagai upaya mengangkat Makanan Khas Daerah agar lebih dikenal, menggali kreatifitas pengrajin dalam menciptakan produk kreasi seni dan menggali potensi unggulan daerah berupa alam dan budaya. Adapun Tema dari Kegiatan adalah "Melestarikan Resep-Resep Tradisional Kuliner untuk mendukung Kedaulatan Pangan Pangan dan Menggali Kreatifitas olah Seni Produk Unggulan Daerah". 


Materi Pokok adalah Aneka Soto dengan berbagai cita rasa yang menjadi unggulan dari Kabupaten / Kota dengan bahan / materi berasal dari Daerah Kabupaten / Kota Masing-masing serta Makanan Kudapan yang berasal dari Umbi-umbian ( Polo Pendem, Polo Sampar dan Polo Gantung ).


Acara Pembukaan yang di laksanakan di Panggung Terbuka "Ojo Dumeh" ini di buka oleh Kepala Biro Bina Mental Setda. Provinsi Jawa Tengah Drs. Rudy Apriyantono, M.Si. dalam hal ini mewakili Bapak Gubernur Jawa Tengah, dalam sambutannya Bapak Gubernur berharap Pameran yang menampilkan craft atau kerajinan, makanan ringan, garmen / fashion, hendaknya intensitasnya ditingkatkan dengan senantiasa memberikan sentuhan ciri khas daerah, diberikan label dan sedikit cerita tentang produk dimaksud, serta diberi nomor telepon yang bisa dihubungi.


Para Tamu yang menghadiri acara pembukaan terdiri dari Bupati Kudus yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Walikota Tegal, Wakil Bupati Jepara, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ketua Komisi dan Anggota DPRD Prov. Jawa Tengah, Manajemen TMII, Para Kepala SKPD, Paguyuban Jawa Tengah, Budayawan, Biro Perjalanan, Sekolah Pariwisata dan Tokoh Masyarakat. 


 




 



Kategori Lomba terdiri dari Lomba Makanan Pokok, Makanan Kudapan dan Stand Pameran terbaik. Memperebutkan Piala dari Gubernur  Jawa Tengah dan Direktur Utama Taman Mini "Indonesia Indah".


Kriteria Penilaian Lomba Makanan Khas kali ini adalah Originalitas ( 15 % ) ; Keamanan Pangan ( 20 % ) ; Cita Rasa ( 35 % ) ; Kreatifitas ( 30 % ).


 






 


 


PENILAIAN : Ibu RA. Hj. Ning Sudjito, S.T., M.Si. selaku juri tampak sedang mewawancarai salah satu peserta Lomba Makanan Khas dari Kabupaten Semarang dengan di damping Ibu Retno Palupi, S.E., M.M. selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.


Pada Acara Pembukaan Jam 10.00 WIB, hari Sabtu, 21 Juni 2014 diisi Pagelaran Kesenian dari Kabupaten Kudus dengan menampilkan Tari Jenang, Tari Kretek dan Drama Tari Visualisasi Tradisi Jenang Tebokan Desa Kaliputu .


Pengumuman Pemenang Lomba diumumkan pada hari Minggu, 22 Juni 2014 di Pendopo Anjungan Jawa Tengah oleh Dewan Juri yang diketuai R.A. Hj. Ning Sudjito, S.T., M.Si. Ketua Asosiasi Jasa Boga Indonesia ; Ir. Endang Yuni Hastuti, M.Si. ( Badan Ketahanan Pangan Prov. Jawa Tengah ) ; Ir. Enny Herawati, M.M. ( Perekayasa Madya Pusat K3 ) ; Bambang Murtianto (consultant Food & Beverages). 


Paguyuban Jawa Tengah turut meramaikan kegiatan ini di Anjungan Jawa Tengah dengan mengadakan acara Jalan Sehat, peserta jalan sehat ada sekitar 2.500 orang dan ada berbagai macam doorprize. 


Pentas Duta Seni Kabupaten Grobogan yang menampilkan Campursari, Dagelan, Aneka Tari dan Seni Tayub turut menambah meriah acara Lomba Makanan ini, dalam kesempatan ini Asisten II Sekda Kabupaten Grobogan Dasuki, S.H., M.H. memberi sambutan mewakili Bupati Grobogan.


Kegiatan Lomba Makanan Khas, Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah ditutup oleh Kepala Bagian Agama, Kebudayaan dan Kesenian Biro Bina Mental Setda. Provinsi Jawa Tengah Drs. Mokhamad Aris, M.M. mewakili Gubernur Jawa Tengah.


 


 


DAFTAR PEMENANG LOMBA MAKANAN KHAS, PAMERAN PRODUK UNGGULAN DAN POTENSI DAERAH 2014.


 


A. KATEGORI MAKANAN POKOK


Juara I : Kabupaten Semarang


Juara II : Kabupaten Kudus


Juara III : Kabupaten Cilacap


Harapan I : Kabupaten Karanganyar


Harapan II : Kabupaten Demak


Harapan III : Kabupaten Pekalongan


Masing – masing mendapatkan Piagam Penghargaan Gubernur Jawa Tengah, Piala dan Uang pembinaan


 


B. KATEGORI MAKANAN KUDAPAN


Juara I : Kabupaten Purworejo


Juara II : Kabupaten Semarang


Juara III : Kabupaten Pekalongan


Harapan I : Kabupaten Karanganyar


Harapan II : Kabupaten Boyolali


Harapan III : Kota Semarang


Masing – masing mendapatkan Piagam Penghargaan Gubernur Jawa Tengah, Piala dan Uang pembinaan


 


C. KATEGORI STAND TERBAIK


Juara I : Kabupaten Kendal


Juara II : Kabupaten Purworejo


Juara III : Kota Semarang


Harapan I : Kabupaten Semarang


Harapan II : Kabupaten Boyolali


Harapan III : Kabupaten Kebumen


Masing – masing mendapatkan Piagam Penghargaan Gubernur Jawa Tengah, Piala dan Uang pembinaan


 


D. JUARA UMUM : KABUPATEN SEMARANG


- Mendapatkan Piagam Penghargaan Gubernur Jawa Tengah


- Piala dari Gubernur Jawa Tengah


- Piala dari Ketua BNSP


- Piala dari Direktur Utama TMII


- Uang pembinaan


 


E. JUARA FAVORIT : KABUPATEN KEBUMEN


- Mendapatkan Piagam Penghargaan Gubernur Jawa Tengah


- Piala dari Gubernur Jawa Tengah


- Piala dari Direktur Utama TMII


- Uang pembinaan


 


 




MENERIMA PIALA JUARA UMUM : Ibu Mundjirin selaku Ketua TP PKK Kabupaten Semarang menerima Piala dari Direktur Utama TMII yang di Sampaikan oleh Manajer Pusat Informasi Budaya dan Wisata TMII Drs. Suryandoro.