Monumen Persahabatan Negara Non Blok



Monumen Persahabatan Negara Non Blok adalah sebuah monumen yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 1 September 1992 untuk mengenang semangat y ang terkandung dalam Konferensi Tingkat Tinggi X Gerakan Non Blok. Dalam monumen ini ditanam 108 pohon persahabatan dari berbagai jenis pohon yang dikenal di Negara asal penanamannya.



Monumen berbentuk bola dunia yang disangga air mancur dengan lima ekor burung merpati di tengahnya, melambangkan kebersamaan, perdamaian dan semangat Negara-negara non-blok melaksanakan prinsip-prinsip dasar visi dan misi gerakan. Keinginan untuk memelihara perdamaian dunia dilambangkan dengan taman yang menyerupai mata, mengacu pada semangat kehidupan, karena mata dianggap sebagai refleksi cita-cita dan pandangan gerakan non-blok melihat jauh ke depan.



Taman Monumen Persahabatan Negara Non Blok memiliki luas lahan, termasuk ruang tebuka dan plaza yang sangat cocok untuk pusat kegiatan dan keramaian. Berbagai kegiatan mulai dari festival, pameran hingga pertunjukan musik pernah dan dapat digelar disini, misalnya festival fil Asia Pasifik, pameran flora dan fauna, serta pergelaran drum band pelajar. Taman ini pun cocok untuk kegiatan outing, seperti camping ground ataupun outbound bagi anak-anak sekolah.