news

Klenteng Kong Miao



Kelenteng Kong Miao adalah rumah ibadah umat agaman khonghucu. Kelenteng terletak berdampingan dengan deretan rumah ibadah lainnya yang sudah ada di TMII, yakni: Masjid Pangeran Diponogoro, Gereja Katholik Santa Chatarina, Gereja Kristen Protestan Haleluya, Pura Hindu Darma,Wihara Arya Dwipa Arama, dan Sasana Adirasa mencerminkan keragaman dan kerukunan umat beragama di Indonesia.



Pembangunan Kelenteng Kong Miao diawali dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Agama RI, Dr. Maftuh Basyuni pada 2 februari 2009, dan diresmikan oleh Ketua Yayasan Harapan Kita, Hj.Siti Hardiyanti Rukmana pada 23 Desember 2010. Saat peresmian kelenteng ini dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Ani Yudhoyono usai membuka musyawarah nasional Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) ke XXI menyempatkan menanam pohon cemara di halaman klenteng.



Kompleks kelenteng kong miao terdiri tiga bangunan inti, yakni Tian Tan (Altar Suci), Da Cheng Dian (Kelenteng Nabi Agung) dan Qi Fu Dian (Kelenteng keberkahan). Bangunan pertama adalan Tian Tan berbentuk bundar melambang kesempurnaan (TUhan) dan beratap tiga susun melambangkan Tian (Tuhan), atap paling atas;Ren (Manusia), atap tengah; dan Di (bumi atau alam semesta), atap paling bawah. di atas atap terdapat guci tempat meletakkan dupa (hiolo) berfungsi untuk bersembahyang kepada Tuhan.



Bangunan kedua, Dan Cheng Dian atau Kelenteng Nabi berbentuk bangunan empat persegi panjang bercirikan arsitektur khas tiongkok memiliki dua lantai. Lantai bawah digunakan untuk kantor dan perpustakaan, sedangkan lantai atas berisi altar Tuhan, altar Nabi dan tempat untuk kebaktian.bangunan ketiga, Qi Fu Dian adalah kelenteng keberkahan, dimana di dalamnya terdapat altar untuk menghormati Para Suci (Spirit, Malaikat,Leluhur). Bangunan ini berbentuk bujung sangkar dengan luas 81 m2 ditopang delapan tiang.Pada atap bangunan terdapat simbol sepasang naga dan lambing agama konghucu.Di dalam kelenteng ini terdapat lilin-lilin yang berjajar serta buah - buah diletakkan dalam piring-piring yang berjajar serta altar untuk bersembahyang.



Kelenteng Kong Miao dilengkapi ornamen pendukung antara lain: Xiang Lu (Hio Lo) atau tempat pembakaran hio, Pintu Gerbang sepasang Singa, Naga, Kilin, Patung 12 Shio, dan Kura-kura Kepala Naga terdapat di halaman.