news

Acara

Lingkungan TMII » news

Jumpa Pers HUT Ke-40 TMII

ditulis pada 11 April 2015 | 07:07:29




Budaya pop yang bersifat universal semakin menjamur di masyarakat membuat keprihatinan terhadap pelestarian budaya bangsa Indonesia. Hal ini yang selalu mendorong TMII untuk terus berinovasi dalam menciptakan karya guna melestarikan budaya bangsa agar tak lapuk digerus jaman.



Dalam kurun waktu 40 tahun Taman Mini "Indonesia Indah" telah menjadi wahana pengenalan, pendidikan, pengembangan dan pelestarian budaya bangsa guna memperkokoh jati diri Bangsa Indonesia. Genap pada ulang tahun ke-40 TMII tetap berupaya untuk terus mengangkat kebudayaan Indonesia di tengah derasnya arus budaya asing yang masuk ke Indonesia.



Perayaan HUT TMII tahun ini mengangkat nuansa Jawa Barat sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan keunikan. Pada HUT TMII kali ini lebih dari puluhan rangkaian acara telah disiapkan untuk mewarnai dan memeriahkan perayaan Ulang tahun TMII ke-40 dimulai dari 5 April 2015 hingga 20 April 2015.



Sebagai bentuk penghormatan kepada pemrakarsa TMII dilaksanakan acara ziarah ke makam Bapak H. M Soeharto dan Ibu Tien Soeharto di Astana Giri Bangun Karanganyar-Surakarta pada tanggal 5-6 April 2015. Kemudian pada tanggal 13 April 2015 dilanjutkan dengan acara ziarah ke makam para mantan pimpinan TMII di Jakarta.



Tanggal 16 April 2015 Pekan HUT TMII dibuka dengan acara megah yang akan dilaksanakan di gedung Sasono Langen Budoyo, sedangkan keesokan harinya tanggal 17 April 2015 digelar Upacara Bendera di Plasa Tugu Api Pancasila yang diikuti oleh pimpinan dan seluruh karyawan TMII sekaligus pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi tahun ini.



Semarak pekan HUT TMII terus berlanjut dengan Parade Busana Daerah Tingkat Nasional ke-7 di Sasono Langen Budoyo pada tanggal 18 April 2015. Selain itu, sebagai ungkapan rasa syukur pada hari Minggu, 19 April 2015 digelar acara Selamatan HUT Ke-40 Taman Mini "Indonesia Indah" di Pendopo Sasono Utomo. Pada hari yang sama pengunjung juga dapat menyaksikan Pawai Budaya Nusantara yang akan diikuti oleh 34 propinsi dan Gelar Tari Massal "Ratouh Jaroe" yang melibatkan lebih dari 2.000 penari, 40 tim Tabod dari Propinsi Bengkulu, Grup Kulintang, Angklung yang akan dilaksanakan di Plasa Tugu Api Pancasila.



Seperti perayaan HUT sebelumnya, sebagai bukti cinta TMII kepada masyarakat tepat Tanggal 20 April 2015, tiket masuk digratiskan bagi seluruh pengunjung mulai pukul 6.00 – 16.00 WIB untuk semua unit di dalam TMII dengan membeli satu tiket masuk akan mendapat dua tiket masuk (Buy one get one free). Puncak kemeriahan HUT TMII ke-40 akan dilaksanakan di Teater Bhineka Tunggal Ika. Malam puncak HUT TMII dikemas dalam bentuk pergelaran spektakuler yang mempersembahkan Maha Karya Indonesia "Ciung Wanara" dari tim kesenian propinsi Jawa Barat dan didukung potensi Diklat Binaan TMII. Acara tersebut akan ditutup dengan pesta kembang api.



Program acara musik "Inbox" SCTV juga ikut menyemarakan pesta ulang tahun TMII ke-40, yang mengajak masyarakat untuk mencintai karya-karya musik anak dalam negeri dan mengenal ragam budaya Indonesia. Pameran Flora & Fauna yang digelar di areal Teater Bhineka Tunggal Ika selama satu pekan akan menyuguhkan kekayaan hayati Indonesia kepada pengunjung.



Dengan rangkaian acara perayaan HUT ke-40 Taman Mini "Indonesia Indah" diharapkan seluruh masyarakat khususnya para pengunjung dapat semakin mencintai dan melestarikan kebudayaan bangsa guna memperkokoh jati diri bangsa indonesia . Dan akan mendapatkan penguatan fungsi Taman Mini Indonesia Indah oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.








KEGIATAN HUT 40 TMII



1. Minggu-Senin, 5-6 april 2015 : Acara ziarah ke makam bapak H. M Soeharto dan ibu Tien Soeharto di Astana Giri Bangun Karanganyar-surakarta



2. Senin, 13 April 2015 : Ziarah ke makam mantan pimpinan TMII



3. Kamis, 16 April 2015 : Pembukaan Pekan HUT ke 40 TMII di SASONO LANGEN BUDOYO



4. Jumat, 17 April 2015 : Upacara bendera dan pemberian penghargaan karyawan berprestasi di PLASA TUGU API PANCASILA



5. Sabtu, 18 April 2015 : Parade Busana Daerah Tingkat Nasional ke 7 di SASONO LANGEN BUDOYO



6. Minggu, 19 April 2015 : Selamatan HUT KE 40 TMII di PENDOPO AGUNG SASONO UTOMO



7. Minggu, 19 April 2015 : Pawai Budaya Nusantara Dan gelar Tari Massal RATOUH JAROE di PLASA TUGU API PANCASILA



8. Senin, 20 April 2015 : Acara Puncak Peringatan HUT ke 40 TMII di TEATER BHINEKA TUNGGAL IKA



( Tanggal 20 April 2015 Gratis Pintu Masuk dari jam 6.00 - 16.00 )