news

Acara

Lingkungan TMII » news

Wapres RI menikmati olahraga pagi di kawasan TMII

ditulis pada 20 March 2022 | 01:33:37





 





 





 



Tanggal : 19 Maret 2022



 



Wapres RI Nikmati Olahraga Pagi di Kawasan TMII



 



Wakil Presiden Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin berkunjung terbatas ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (19/3/2022). Wapres berolahraga jalan santai sambal menikmati suasana TMII di kala pagi hari.



 



DIrektur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko bersama Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana mendampingi Wapres Ma’ruf Amin berolahraga di TMII. Dalam kesempatan tersebut, Dirut TWC juga menjelaskan progres renovasi kawasan TMII.



 



“Kami menyambut baik kehadiran Bapak Wapres beserta Ibu utnuk berolahraga sambil menikmati suasana pagi di TMII. Sambil menempuh rute jalan pagi, kami sekaligus menjelaskan progres dari revitalisasi TMII. Bapak Wapres mengapresiasi langkah-langkah yang telah berjalan sejauh ini, “ terang Dirut PT TWC Edy Setijono.



 



Rute jalan santai ini diawali dari depan Museum Olahraga Nasional dan diakhiri di kawasan Taman Burung. Wapres beserta istri juga melihat berbagai koleksi yang dimiliki oleh Taman Burung TMII, yang terdiri dari 175 jenis dan berjumlah ribuan ekor ini.



 



Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin juga sempat berkenalan dengan sejumlah koleksi utama Taman Burung TMII, antara lain, burung Julang Emas, Pelikan atau Undan dan burung Kakatua Jambul Kuning yang sangat menyita perhatian Wapres. Burung yang banyak ditemui di Indonesia bagian Timur seperti Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua bertingkah lucu dan mampu memanggil pelatihnya dengan sebutan ‘kakak’.



 



Wapres juga sempat bertanya saat melintas di dekat kandang burung Kasuari. Dirinya bertanya tentang karakter burung Kasuari yang ditempatkan secara terpisah, antara satu dengan lainnya.



 



“Masing-masing memiliki wilayah Bapak, apabila bersama maka akan berkelahi untuk memperebutkan wilayah kekuasaannya,” terang bersama Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana.



 



Dirut PT TWC mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk atensi Wapres terhadap TMII sebagai salah satu zona hijau di daerah Jakarta. Hal tersebut bisa mendorong destinasi-destinasi lain untuk lebih mengembangkan semangat green tourism untuk menciptakan destinasi yang sehat dan nyaman bagi pengunjung.



 



Area seluas 146,7 hektare yang direnovasi dengan konsep Indonesia Opera: The Ultimate Showcase Indonesia’s Beauty akan menonjolkan lanskap hijau dan dipadukan dengan arsitektur modern dan berwawasan lingkungan. Hal ini tentu akan mendukung aktivitas masyarakat urban yang ingin menikmati suasana asri sambil berolahraga dengan akses yang mudah dijangkau.



 



“Ini sejalan dengan konsep pengembangan TMII ke depan yang akan lebih membuka ruang terbuka hijau secara massif, dengan mengurangi sejumlah bangunan yang ada. Kami juga mengajak para pengelola museum serta anjungan daerah untuk mendukung semangat ini.  Semoga kunjungan ini menambah semangat pengelola destinasi untuk mengembangkan green tourism,” pungkasnya.